Selasa, 29 Oktober 2013

Tutuorial tas notebook/laptop

haiii,,, 
kali ini cha mau share proses waktu bikin tas buat NOBOO tersayang,, biar bisa diajak jalan2. tasnya sederhana aja,, cuma siapa tau ada yang mau coba bikin juga,, 

bahannya, kain buat luaran (warnanya terserah aja), kain poring, resleting, busa lapis dan utk aksesoris luar tergantung selera ja..
ready?!

 siapkan bahan untuk luaran, gunting sesuai ukuran laptop ato notebook kamu, jangan lupa sisakan untuk tebal laptop dan jahit pinggir, kebetulan notebook cha 10 inch, jadi ukurannya 34x24 cm.
untuk tali, sesuaikan dengan kebutuan saja, mau jinjing atao sandang, cha bikin yang jinjing saja, 36x6 cm.
 potong busa lapis untuk badan, lebihin dikit dari polanya dan potong setengah ukuran untuk tali.
 sekarang kita jahit kain dan busa, versi echa, jahit keliling lebih dulu, untuk menahan kain dan busa saat kita quilting, bentuknya tetap utuh. (pengalaman)
 ini hasil badan yang udah diquilting, alur quiltingnya terserah aj, karna motif kainnya horizontal maka cha pilih quilting miring ini biar kelihatan.


 saatnya menjahit tali, lipat kain bagian dalam ke arah luar (liat foto) menjadi dua, lalu letakkan busa di salah satu sisi, lalu jahit pinggirannya. kemudian dibalik.


rapikan sisa busa, lalu kita pasang talinya, jangan lupa diukur dulu atas dan samping, samakan kedua sisinya. jahit beberapa kali supaya kokoh.
ini bagian yang paling seru, menghias bagian luar, yang bikin tas kamu beda. kali ini cha pilih promosi media online,, heheh,, aji mumpung. bagian belakang cukup kasi tutupan kantong aja, biar gak keramean.
berikutnya bagian poring, siapkan bagian poring untuk badan, sesuai ukuran badan, jahit restleting di bagian atas poring, seperti di foto, agar bagia pinggirnya terletak di dalam antara poring dan luaran, jadi rapi, lakuka hal yag sama pada poring kedua.
hasil akhirnya seperti di foto 22 untuk dalam, dan 23 utk luar. berikutnya kita jahit bagian badan luar diatas restleting, lipat bagian atasnya sedikit biar rapi, beri jarum, lalu jahit. hati2 dengan poringnya, takut kejait. sebaiknya dijarum ke badan luaran, biar gak kejahit,
 jadinya seperti foto 26 dan 27, setelah dijahit kedua bagian badannya. bagian dalamnya sperti di 28

sudah mau finish deh,,, satukan badan luar dengan badan luar, poring dgn poring (29), lalu jahit keliling, jangan lupa sisakan lubang kecil di poring sekitar 10 cm utk membalikkan badannya (50), trus dibalikkan bagian yang bagus lewat lubang tadi n then terakhir,, jahit poring yg tersisa 10 cm tadi dgn warna senada.
Alhamdulillah,,, tas Noboo selesai,,, kita jalan2 dulu ya,,,
selamat mencoba,, semoga bermanfaat,, :)